Contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3–4 orang!
  2. Pelajari beberapa pusat keunggulan ekonomi di Indonesia dari berbagai sumber.
  3. Lakukanlah pengamatan melalui berbagai media mengenai contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia, seperti pameran seni, pekan raya, dan sebagainya!
  4. Kalian dapat mencari referensi dari buku-buku di perpustakaan, brosur, atau berbagai artikel di internet!
  5. Dengan bimbingan dari guru tulislah hasil pengamatan kalian dalam laporan yang sistematis dengan mengacu pada 5W dan 1H!
  6. Presentasikan hasilnya di depan kelas!

 Contoh
Pengamatan 1
Dari liputan6.com
Liputan : Penutupan Jakarta Fair 2018

what :
Jakarta Fair Kemayoran tahun 2018
Who :
Ditutup oleh gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya
When :
24 Mei sampai 1 Juli 2018
where :
DKI Jakarta
why :
Karena pengusaha membutuhkan tempat untuk mempromosikan dan menjual produk-produknya dan masyarakat membeli di jakarta fair untuk memenuhi kebutuhannya.
How :
Acara ini dilaksanakan setiap tahun sekali dan areal yang luas dengan banyak pengusaha atau produsen untuk mempromosikan dan menjual produk-produk dalam negeri kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya
Jakarta Fair 2018
Jakarta fair merupakan salah satu pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia yang digelar setiap tahun. Pada tahun 2018 ini dilaksanakan 24 mei s.d. 1 Juli 2018. Jakarta fair menjadi ajang bagi para pengusaha untuk memperkenalkan dan menjual produk-produknya. Dengan pengunjung yang mencapai 6,7 juta menjadi pasar yang besar untuk menjual produk sebanyak mungkin dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
Berdasarkan data yang ada telah terjadi transaksi jual-beli sebanyak 7,3 triliun rupiah, ini merupakan angka yang sangat besar dan menjadi alasan bagi setiap pengusaha di Indonesia untuk berpartisipasi pada masa-masa yang akan datang. Selain itu selama perhelatan Jakarta Fair telah mampu mempekerjakan sekitar 50 ribu orang. Jadi untuk sementara waktu ada penyerapan angkatan kerja meskipun dalam waktu yang relatif singkat. Tepat tanggal 1 Juli 2018 pada malam hari Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan menutup dengan resmi acara tersebut, semoga pada penyelenggaraan pada tahun depan bisa lebih sukses.


Pengamatan II
Pameran Buku IIBF 2018

what :
Pameran Buku IIBF tahun 2018
Who :
IKatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan Badan Kreatif Indonesia
When :
12 s.d. 16 September 2018
where :
Jakarta Convention Center atau JCC
why :
Karena perlu ada peningkatan dalam industri percetakan/penerbit buku yang termasuk pada ekonomi kreatif
How :
Dengan mengadakan pameran buku agar menarik masyarakat untuk membeli buku sekaligus meningkatkan minat baca. Selain itu dengan pameran bisa meningkatkan pendapatan penerbit buku.

IKAPI dengan Badan Kreatif Indonesia menyelenggarakan IIBF atau Indonesia International Book Fair tahun 2018. Pameran ini diikuti oleh penerbit buku dari 17 negara peserta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 16 September 2018. Pameran ini sangat baik dalam mendukung perkembangan industri penerbitan buku di indonesia. Pameran ini juga bisa mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Agar industri penerbitan bisa meningkat produksinya maka perlu peran serta pemerintah dalam memberikan fasilitas-fasilitas dan program-program yang mendukung kemudahan produksi agar bisa bersaing di pasar lokal maupun global. Keterlibatan pemerintah tersebut sudah diwakili oleh badan ekonomi kreatif Indonesia atau Bekraf.

0 Response to "Contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel